SOLUSI UNTUK KIPAS ANGIN YANG SERING MACET/SERET
Mungkin anda
pernah mengalami masalah kipas angin tiba-tiba nggak mau nyala/berputar, dan
setelah diperiksa penyebabnya adalah daun kipasnya seret saat
diputar/digerakkan dengan tangan. Mengapa…??
Hal ini dikarenakan “AS” atau “busing” atau keduanya sudah aus. Untuk mengatasi masalah tersebut Kebanyakan orang hanya memberikan pelumas pada AS nya saja. Memang sih kipas bisa berputar lagi, tapi 2 atau 3 hari akan seret lagi ketika pelumasnya habis/mengering. Seharusnya, AS dan busing nya diganti yang baru supaya kipas bisa bekerja normal seperti standartnya.
Sekian.
Hal ini dikarenakan “AS” atau “busing” atau keduanya sudah aus. Untuk mengatasi masalah tersebut Kebanyakan orang hanya memberikan pelumas pada AS nya saja. Memang sih kipas bisa berputar lagi, tapi 2 atau 3 hari akan seret lagi ketika pelumasnya habis/mengering. Seharusnya, AS dan busing nya diganti yang baru supaya kipas bisa bekerja normal seperti standartnya.
Nah, kalau
anda ingin agar kipas angin bisa lebih
awet lagi, yaitu dengan cara merubah/meng-UPGRADE
dari system mekanik AS dan busing menjadi system
mekanik Bearing/Laker.
Perlu
diketahui system mekanik pada kipas angin ada 2 macam :
1. Menggunakan system mekanik AS dan
busing.
2. Menggunakan system mekanik
Bearing/laker.
Sepengetahuan
Saya hanya ada 2 merk kipas angin dipasaran yang menggunakan mekanik Bearing
pada type tertentu. Tetapi harganya
mahal.
Dengan cara
kita meng-upgrade tadi, kita hanya mengeluarkan biaya yang murah namun mendapatkan hasil yang memuaskan.
Untuk proses
penggantian As dan busing, atau meng-upgrade mekanik menjadi bearing tentunya harus
punya keahlian khusus. Kalau nggak mau ribet, ya serahkan saja pada ahlinya.
Sekian.
![]() |
| Menggunakan Busing |
![]() |
| Menggunakan Bearing |


Komentar
Posting Komentar